Webinar “Pengamalan Nilai – Nilai Pancasila Dalam Mengawal Dunia Pendidikan Pasca Pandemi” Oleh PARADISE FH UNIB

Organisasi Mahasiswa Perhimpunan Mahasiswa Peradilan Semu (PARADISE) Fakultas Hukum Universitas Bengkulu menyelenggarakan kegiatan webinar dengan tema “Pengamalan Nilai – Nilai Pancasila Dalam Mengawal Dunia Pendidikan Pasca Pandemi”.

Webinar ini diadakan dalam menyikapi dan mengawal sebuah kehidupan baru pasca pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid – 19) banyak sekali pergeseran yang terjadi dalam dunia pendidikan misalnya. Mahasiswa yang awalnya terbiasa menempuh pendidikan secara tatap muka kemudian harus mulai  terbiasa  dengan  sistem  atau  pola  pendidikan  selama  masa  pandemi  yakni  secara  jarak  jauh (daring), sehingga secara terpaksa harus mengikuti perkembangan zaman yang menuntut untuk selalu memahami teknologi dan sistem pendidikan pasca pandemi dengan memulai kehidupan baru atau New Normal. Berbagai permasalahan yang ada di indonesia saat ini harusnya menjadi catatan dan beban moril bagi setiap pemangku kebijakan atau Stakeholders bangsa ini untuk selalu mengutamakan kepentingan rakyat dalam segala aspek kehidupan.

Secara kasat mata kita melihat bahwa sangat banyak ketidak merataan yang terjadi terutama dalam aspek pendidkan. Pemuda yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan yang baik dan layak, bahkan akses mereka untuk mendapatkan pendidikan sangat kontras tidak merata diberbagai wilayah, sehingga menyebabkan kualitas pendidikan di wilayah perkotaan dengan wilayah perdesaan sangat kontras perbedaannya.

Tentunya berkaca dari permasalahan tersebut menjadi pertanyaan besar bagi diri kita pribadi, apakah nilai-nilai terkandung dalam Pancasila itu diabaikan dan tidak diperhatikan oleh pemimpin-pemimpin bangsa ini ataukah mereka juga tidak paham akan hal itu. Padahal secara gagah dengan berbagai protokol kenegaraan yang ada setiap tanggal 1 Juni bertepatan dengan Memperingati Hari Lahir Pancasila mereka selalu melaksanakan kegiatan yang bersifat seremonial itu. Dalam upaya meningkatkan spirit berbangsa dan bernegara mahasiswa sebagai pemuda (Agent of change) harus selalu dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila yang merupakan pandangan hidup bangsa di berbagai lini kehidupan, baik di dalam kampus ataupun di berbagai lapisan elemen masyarakat sehingga pemuda dalam setiap bertindak dan melakukan perbuatan diharapkan mampu untuk sesuai dengan nilai-nilai luhur yang termaktub dalam Pancasila. Oleh sebab itu para pendiri bangsa terdahulu telah mencanangkan sebuah harapan besar yang merupakan sebuah cita-cita luhur bangsa ini melalui Pancasila yang mana diharapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya bukan hanya sekedar hafalan bahkan seremonial belaka saja namun dapat selalu diimpelementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Webinar ini berlangsung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan live streming di youtube, Kamis 25 Juni 2020, Webinar ini mejadi serangkaian dies natalis fakultas hukum ke- 38. Webinar ini menghadirkan pembicara Sadono Sriharjo, S.T., M.M. Direktur Perencanaan dan Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Jazilul Fawaid Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2023, Dr. Hamdan Zoelva, S.H., M.H. mantan ketua mahkamah konstitusi, Dr. Ardilafiza, dosen hukum tata Negara fakultas hukum universitas Bengkulu.

Kegiatan Webinar ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Hukum Dr. Amancik, S.H., M.H., Dalam sambutan nya dekan fakultas hukum mengajak seluruh peserta webinar untuk dapat mengikuti dengan baik, mengambil ilmu sebaik- baiknya dan sebanyak mungkin, terima kasih kepada peserta yang sudah mendaftar saya lihat dari berbagai daerah, terimakasih. Webinar ini dipandu oleh Siti Hatikasari, S.H., M.H dosen hukum perdata fakultas hukum universitas Bengkulu, selaku Moderator. [Penulis : Pipi Susanti, S.H., M.H. ; Poto : Andrian, S.T.]