Pelatihan Peningkatan Kualitas Manajemen ASN

Tidak ada komentar 54 views

   

Rabu, 17 Juli 2019 Fakultas Hukum Universitas Bengkulu menggelar acara “Pelatihan  Peningkatan Kualitas Manajemen FH UNIB”. Tujuan diadakan acara ini adalah untuk memastikan agar tujuan visi dan misi fakultas dapat dicapai secara konsisten melalui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan penilaian kinerja baik Tendik maupun Dosen sehingga proses pembelajaran dan pelayanan terhadap mahasiswa dapat terpenuhi dengan baik.

Acara pelatihan di buka langsung oleh Dekan FH UNIB Prof. Herawan Sauni, S,H. M.S, dan dalam sambutannya hal pertama,  beliau memberikan pemahaman baik terhadap Tenaga Pendidik (Tendik) dan Dosen bahwa setiap pekerjaan yang dikerjakan mendatangkan pahala besar apabila dikerjakan secara ikhlas dan menghadirkan rasa Bersyukur atas semua nikmat yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Kedua menjaga kepribadian dan perilaku serta berprasangka baik antar sesama pegawai. Terakhir beliau juga menghimbau untuk selalu meningkatkan prestasi kerja baik secara internal maupun secara nasional.

Pelatihan dimulai dengan Pemateri pertama yang disampaikan langsung oleh Ir. Ahmad Nezar Kepala Biro Umum dan Sumber Daya Universitas Bengkulu. Dengan Tema “Penguatan manajemen Aparatur Sipil Negara Universitas Bengkulu”. Dalam materinya beliau menjabarkan kembali pasal-pasal penting  pada Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Disamping itu beliau juga membahas kebijakan pengangkatan/penempatan pegawai dalam unit serta jabatan tertentu di masing-masing fakultas.

Pemateri Kedua disampaikan oleh Dr. Tito Sofyan, S.H., M.S, Wakil Dekan II FH UNIB dengan Tema “Kewajiban dan Disiplin ASN” Penegakan aturan disiplin/kode etik/kode perilaku pegawai hingga bentuk sanksi baik sanksi lisan, tulisan bahkan pidana.  Beliau membahas juga tentang larangan dalam keikutsertaan dalam kegiatan politik praktis baik regional maupun nasional dan evaluasi terhadap Presensi pegawai Tendik dan Dosen FH.

Pemateri Ketiga disampaikan oleh Prof. Dr. Herlambang, S.H.,M.Hum, dengan Tema “Re-orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan FH UNIB” terkhusus bagi Calon Dosen FH. Beliau memberikan pemahaman bahwa profesi Dosen merupakan Profesi yang mulia (Honorable) sehingga wajib menjaga sikap dan prilaku,  menghindari tindakan-tindakan yang dapat mencoreng profesi Dosen seperti jual beli nilai dan skripsi terhadap mahasiswa. Selain itu beliau juga memotivasi untuk meningkatkan kualitas diri hingga menduduki jabatan Guru Besar (Profesor).

Bagian akhir acara  pengarahan Wadek Bid. Akademik oleh Dr. Emilia Kontesa, S.H. dan Ketua Bagian Pidana Herlita Eryke, S.H. M.H., Bagian Perdata Hamdani, S.H.,M.Hum dan Bagian  HTN/HAN oleh Dr. Edra Satmaidi, S.H.,M.H dan dilanjutkan dengan pembacaan serta penandatanganan Pakta Integritas oleh CPNS FH UNIB. [Penulis : Yagie S. Putra, S.H., M.H. ; Poto : Andrian S, S.T]