FH Sukses Menggelar Pendidikan Profesi Advokat

Tidak ada komentar 38 views

Sabtu, 9 maret 2019 bertempat di Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Bengkulu telah dilaksanakan  acara  Pembukaan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pengacara Dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI) yang bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu dengan Surat Perjanjian Nomor 274/PKPA/PPKHI/VIII/2018. Acara tersebut dibuka oleh Dr. Tito Sofyan, S.H.,M.Hum selaku Wakil Dekan 2 Bidang Sumber Daya Fakultas Hukum Universitas Bengkulu  dan dari PPKHI diwakili oleh saudara Dheky Wijaya.

Pendidikan khusus profesi advokat membekali peserta didik dengan kompetensi profesi advokat (pengetahuan, keterampilan, filosofi, dan etika praofesi). diharapkan pendidikan ini dapat menghantarkan calon-calon advokat menjadi advokat yang profesional dengan kompetensi yang  memadai, memiliki kepribadian dan etika profesi yang menunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, kebenaran, dan keadilan hukum.

Dalam laporannya Eryta Erike, S.H.,M.H selaku ketua panitia PKPA tersebut menyampaikan bahwa ada sekitar 25 orang yang mengambil formulir tetapi saat ini yang mengembalikan formulir pendaftaran hanya 12 orang, beliau juga menyampaikan untuk pengajar adalah pengajar-pengajar yang sudah berpengalaman di bidangnya mulai dari pengacara senior dan akademisi. Perkuliahaan PKPA dimulai pada tanggal 23 Maret 2019 dan perkulihaan berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu.

Saat ditemui oleh tim website Dr. Tito Sofyan, S.H.,M.Hum selaku Wakil Dekan 2 Bidang Sumber Daya mengatakan tujuan dari PKPA ini adalah Mempersiapkan calon advokat dengan kompetensi profesi Advokat, sehingga pada akhirnya para Advokat dapat mengembangkan profesinya dengan baik.

Setelah dilaksanakan selama hampir 1 bulan, kegiatan PKPA di tutup pada tanggal 13 April 2019, dihadiri oleh DPN PPKHI dan Wakil Dekan bidang pendidikan Dr. Emelia Contesa, S.H., M.Hum, dalam sambutan nya Ketua Dewan Pembina DPN PPKHI Dheky Wijaya, S.H “Selamat anda telah melaksankan pendidikan profesi Advocat, semoga ilmu anda bermanfaat dan terus lah belajar, besok akan ada ujian profesi advocat, laksanakan dengan baik semoga sukses”. [Penulis : Febro ; Poto : Andrian]