FH Sukses Menggelar Seminar Nasional Dan Juara Lomba Debat Mahkamah Konstitusi Regional Barat

Fakultas Hukum Universitas Bengkulu telah sukses melaksanakan 2 (dua) event ber-skala nasional. Event tersebut adalah Seminar Nasional tentang Ketatanegaraan Indonesia dan Lomba Debat Mahkamah Konstitusi Mahasiswa Tingkat Nasional untuk Regional Barat. Kedua event tersebut diselenggarakan tanggal 4-6 April 2019 lalu. Dalam seminar nasional, hadir Hakim Konstitusi, Dr. Wahiddun Adams, S.H., M.H sebagai keynote speaker, Pemerintah Daerah se-Provinsi Bengkulu dan perwakilan dari 24 perguruan tinggi di Indonesia sebagai peserta. Seminar yang mengusung judul “Pengujian peraturan perundang-undangan dalam sistem ketatanegaraan di indonesia”, berlangsung dengan lancer dan memukau peserta. Hal tersebut dikarenakan pembicara/presenter yang meyampaikan materi dalam seminar nasional adalah expert di bidangnya. Adapun yang menjadi pembicara dalam seminar nasional Pan Mohammad Faiz, S.H., M.CL., Ph.D, Dr. Maruar Siahaan, S.H., M.H, dan Dr. Ardilafiza, S.H., M.Hum.

Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari bertempat di Ruang Rapat Utama Universitas Bengkulu. Hadir pula dalam kegiatan ini, Gubernur Provinsi Bengkulu, Bapak Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.Ma, Rektor Universitas Bengkulu Bapak Dr. Ridwan Nurazi, S.E., M.Sc dan Dekan Fakultas Hukum UNIB, Prof. Dr. Herawan Sauni, S.H., M.S. Dalam kata sambutannya, Rektor Universitas Bengkulu menyambut dengan bangga kegiatan ini, dan berharap akan terus diadakan kegiatan berskala nasional maupun internasional di Universitas Bengkulu.

Acara seminar nasional kemudian dilanjutkan dengan lomba debat Mahkamah Konstitusi Mahasiswa acara ini merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah disepakati oleh Fakultas Hukum dan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Kegiatan debat ini merupakan event tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, dan Fakultas Hukum Universitas Bengkulu menjadi tuan rumah yang ke 12 dalam event nasional ini. Lomba Debat ini diikuti oleh 24 Universitas di wilayah barat yang telah lolos seleksi makalah oleh Mahkamah Konstitusi. Kegiatan lomba debat Mahkamah Kontitusi XII ini dilangsungkan dari tanggal 4-6 April 2019 dengan mempertemukan ke-24 tim dalam 8 grup penyisihan. Dewan juri dalam lomba ini adalah pakar-pakar Hukum di Indonesia sehingga objektivitasnya sangat terjamin.

Dalam lomba ini keluar sebagai juara dari Universitas Syahkuala dan berhak untuk hadiah piala serta uang penghargaan sebesar 15 Juta untuk 8 besar lomba debat Mahkamah Konstitusi ini berhak mewakili wilayah barat untuk bertarung dengan tim lainnya dari wilayah tengah dan timur dalam perhelatan lomba debat Mahkamah Konstitusi nasional yang akan dihelat pada tanggal 8 – 10 April 2019 kabar membanggakan, tim dari Universitas Bengkulu, yang dalam hal ini diwakili oleh mahasiswa Fakultas Hukum, Sudi Simamarta, Ummu Salamah, dan Anisa Salsabilah berhasil meraih peringkat ke- 4 dan berhak untuk bertanding di lomba debat Mahkamah konstitusi nasional. Adapun hasil peringkat dalam lomba debat Mahkamah Konstitusi Regional Barat yang dihelat di Fakultas Hukum Universitas Bengkulu adalah sebagai berikut:

1. Universitas Syiah Kuala, 2. Universitas Sriwijaya, 3. Universitas Indonesia, 4. Universitas Bengkulu

Semoga tim Universitas Bengkulu dapat berjaya dalam perhelatan lomba debat Mahkamah Konstitusi Nasional. [Penulis : Tri Andika, S.H., M.H, Poto: Andrian Setiawan, S.T]