Tim Peradilan Semu FH Juara Peradilan Semu Peradi Sumatera Selatan

Membanggakan. Itulah satu kata yang layak diberikan bagi Tim Peradilan Semu Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bengkulu yang telah mendapat juara Umum dan mendapatkan kategori Hakim Terbaik dalam Kompetisi Peradilan Semu yang diadakan oleh Peradi Sumatera selatan seiring dengan hari ulang tahun peradi  yang ditujukan bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas/Perguruan Tinggi se-Indonesia. Tema kompetisi peradilan semu saat ini yaitu “Dengan semangat peningkatan kualitas mahasiswa fakultas hukum, kita tanamkan motivasi penegak hukum bagi mahasiswa dan aparatur penegak hukum”. Terdapat 8 Delegasi dari Fakultas Hukum Universitas/Perguruan Tinggi Negeri mengikuti kompetisi, termasuk FH UNIB.

Tim National Moot Court dari FH UNIB melakukan persiapan untuk mengikuti kompetisi selama 3 bulan mengingat kompetisi ini merupakan peradilan semu yang cukup bergengsi pada tingkat nasional. Tim juga telah melakukan latihan dan evaluasi terhadap penampilan ketika kejuaraan NMCC di Trisakti 2018.

Dalam kompetisi yang berlangsung dari tanggal 18-19 Januari  2019. Kompetisi ini berlangsung di Pengadilan Negeri Palembang dengan persiapan terbaik oleh Panitia Peradi. Adapun Juri yang ditunjuk oleh panitia yakni terdiri dari unsur Hakim, Kejaksaan, dan Pengacara/advokat. Dalam format penilaian peserta kompetisi, Juri menilai penampilan sidang terdiri dari tahapan persidangan, ketepatan waktu persidangan yang telah ditetapkan oleh panitia, penilaian masing-masing peran dari Hakim, Penuntut Umum, Panasehat Hukum, Panitera, Terdakwa, Para Saksi dan format pemberkasan terdiri dari kelengkapan berkas dari proses Penyelidikan sampai putusan yang harus sesuai dengan KUHAP dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Akhirnya, Tim National Moot Court FH UNIB dengan penampilan maksimal telah mendapatkan nilai terbaik dari juri dan mendapatkan Gelar Juara 1 Piala bergilir dan Kategori Hakim Terbaik. Semua ini hasil kerja keras Tim dan pihak pendukungan lainnya terkhusus Dekan dan Pembantu Dekan, Pembina Paradise, civitas akademika baik dari perlengkapan dan pendanaan.

Penyelenggara National Moot Court Competition Piala Peradi Sumatera Selatan mengapresiasi keikusertaan mahasiswa Fakultas Hukum baik negeri maupun swasta dalam kompetisi ini dan ucapan  selamat bagi FH UNIB yang telah memenangkan kompetisi ini. [Penulis : Yagie Sagita P, S.H., M.H]