Mahasiswa Hukum Student Exchange ke Thailand

Tidak ada komentar 75 views

Setelah melewati seleksi ketat, dua mahasiswa Fakultas Hukum mendapatkan kesempatan untuk melakukan magang internasional di Thailand. Magang Internasional ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Universitas Bengkulu dalam International Student Mobility Program 2018. Kedua mahasiswa tersebut adalah Ummu Salamah dan Peran Saputra. Ummu Salamah mendapatkan kesempatan untuk magang di Public Presecutor Office Region 9 (Kejaksaan) di Songkhla. Saat dihubungi tim Web FH UNIB, Ummu menyampaikan Perbedaan mendasar dari peran presecutor di Thailand dan Indonesia adalah yang pertama yang dapat menjadi presecutor di Thailand harus 2 tahun sudah menjadi lawyer dan baru bisa mengikuti tes menjadi presecutor dengan total skor minimal telah ditentukan. Kedua, adalah public presecutor berbeda dengan Indonesia yang mana jaksa hanya berperan dalam kasus criminal sedangkan di Thailand terdapat Public Presecutor yang membidangi bidang criminal, civil, dan juvenile and family. Sedangkan untuk proses beracara hampir sama dengan Indonesia karena Thailand menggunakan system hukum perpaduan antara eropa continental dan anglo saxon dengan 3 pembagian hukum yaitu criminal law, civil law, dan administration law.

Di kesempatan lain, saat dihubungi Tim Web, Peran Saputra yang saat ini melakukan magang internasional di Kantor Pengadilan Thailand (The Songkhla Provincial Court Office). Menurut Peran, dalam hal struktur peradilan di Thailand memiliki kesamaan dengan struktur peradilan di Indonesia. Di Thailand terdapat Supreme Court yang berada di Bangkok atau sama halnya dengan Mahkamah Agung, Court of Appeal atau sama saja dengan Pengadilan Tinggi yang disetiap provinsi di Thailand memiliki satu Court of Appeal atau Pengadilan Tinggi, kemudian Court of First Instance atau Pengadilan Tingkat Pertama yang bisa juga disebut dengan Pengadilan Negeri. Pengadilan Tingkat Pertama ini dikategorikan sebagai pengadilan peradilan umum, remaja dan keluarga dan pengadilan khusus.  Pengadilan Umum adalah pengadilan biasa yang memiliki kewenangan untuk mengadili kasus pidana dan perdata, salah satunya adalah pengadilan yang terletak di berbagai provinsi di Thailand, yang terbagi menjadi sembilan (9) atau yurisdiksi daerah dan salah satunya adalah Songkhla Province Court atau Pengadilan Provinsi Songkhla, dimana wilayah hukumnya adalah bagian Thailand Selatan.

Kedua mahasiswa ini menjalani magang internasional dari tanggal 7 Juli – 4 Agustus 2018. Mereka menyampaikan pesan kepada junior-nya di Fakultas Hukum UNIB untuk dapat belajar dengan giat dan mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan kemahasiswaan yang berskala internasional. [Penulis : Tri Andika, S.H., M.H. Poto : Doc. Pran, Ummu]