FH UNIB Teken MoU dengan Universitas di Belanda

Tidak ada komentar 110 views

DEKAN Fakultas Hukum Universitas Bengkulu, Prof. Dr. Herawan S, SH, MS beberapa hari terakhir berkunjung ke negeri Belanda. Selain membicarakan perkembangan hukum secara internasional dengan sejumlah pakar, juga menjalin kerjasama dan menandatangani nota kesepahaman kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan pimpinan fakultas dan pusat studi hukum universitas ternama di Belanda.

“Saya masih di Belanda hingga beberapa hari ke depan untuk berdiskusi dengan sejumlah pakar hukum internasional. Kunjungan ini juga sekaligus untuk memantapkan kerjasama antara FH UNIB dengan fakultas dan pusat studi hukum di beberapa universitas di Belanda ini,” ujar Prof. Herawan, kepada Humas UNIB via WhatsApp (WA), Selasa (15/5/2018).

Dijelaskan Prof. Herawan, sejauh ini sudah dua universitas di Belanda yang sepakat menjalin kerjasama dengan FH UNIB, yaitu School of Law Erasmus University Rotterdam dan School of Law Leiden University. Kerjasama ini menyangkut bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan riset bersama, dan kerjasama bidang lainnya yang saling menguntungkan.

Nota kesepahaman kerjasama dengan Erasmus School of Law-Erasmus University Rotterdam ditandatangani oleh Prof. Dr. Fabian Amtenbrink selaku Vice-Dean, dan nota MoU dengan Leiden Law School-Leiden University ditandatangani oleh Prof. Dr. Joanne van der Leun (Dean).

“MoU FH UNIB dengan School of Law Erasmus University Rotterdam dan School of Law Leiden University sudah kami tandatangani. Saya juga masih menjajaki dengan universitas lainnya, karena ada beberapa universitas lagi yang sudah mengundang kita untuk melakukan kerjasama,” papar Prof. Herawan.

Implementasi kerjasmaa ini nantinya dapat dilakukan dalam bentuk penyelenggaraan double degree/joint-degree baik untuk di tingkat Sarjana Hukum maupun Magister (LL.M), penyelenggaraan pertukaran mahasiswa (exchange students) dan pertukaran staf pengajar (exchange faculties), joint supervision maupun visiting researcher, tailor-made short course baik di Kampus FH UNIB maupun universitas mitra di Belanda, dan lain sebagainya.

Kunjungan ke luar negeri dan melakukan penandatanganan nota kesepakatan kerjasama dengan sejumlah universitas di beberapa negara Asia dan Eropa memang tengah digencarkan oleh pimpinan Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan fakultas lainnya selingkung UNIB. Hal ini merupakan upaya mendorong terwujudnya visi UNIB untuk menjadi universitas berkelas dunia atau World Class University (WCU) pada 2025. [Purna Herawan]