Wawancara dan Uji Kemampuan Mahasiswa Berprestasi Fakultas Hukum UNIB 2017

Suatu bangsa yang maju, pada umumnya memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berprestasi, sehingga dapat memberikan banyak kontribusi demi kemajuan bangsa. Dalam konteks akademik khususnya dalam cakupan universitas, kehadiran mahasiswa berprestasi sangat berpengaruh pada kualitas dan citra universitas tersebut, sehingga keberadaannya secara kuantitas harus lebih ditingkatkan.

Pada tingkat fakultas, tanggal 23 Maret 2017 tepatnya di Ruang Rapat Fakultas Hukum, telah berlangsung wawancara dan uji kemampuan mahasiswa berprestasi fakultas Hukum, terhadap 5 mahasiswa berprestasi, untuk menghadirkan mahasiswa paling berprestasi pada tingkat fakultas. Kelima peserta tersebut, pertama : Peonyka Oktoberia, beberapa prestasi yang pernah diraihnya yakni sebagai Juara 2 Lomba Melukis (Lingkup Universitas) dan Juara 1 KTI (Lingkup Fakultas). Kedua : Appludnopsanji, beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah Purna Paskribaka Indonesia tahun 2012 tingkat Kab. Rejang Lebong, Duta Anak & Remaja Kab. Rejang Lebong tahun 2013, Forum Anak Nasional tahun 2013, Bujang Pariwisata Kab. Rejang Lebong tahun 2013, dan Putra Kampus Provinsi Bengkulu tahun 2017. Ketiga : Aslan, beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah peserta pada Olimpiade fisika tingkat kabupaten, peserta Olimpiade biologi tingkat kabupaten dan merupakan Penerima Beasiswa Bidik Misi. Keempat : Denny Wijaya, beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah Jambore Nasional tahun 2011, Raimuna Daerah tahun 2012 dan Juara 1 LKBB Rejang Lebong. Kelima : Ivon Agnes Langi, beberapa prestasi yang pernah diraihnya adalah, Juara 1 LCC 4 Pilar Berbangsa Tingkat Kab. Musi Rawas, Juara 1 Puisi Tingkat Kab. Musi Rawas, Juara 2 babak penyisihan LCC 4 pilar Berbangsa tingkat Provinsi Sumatra Selatan, dan merupakan Penerima Beasiswa Bidik Misi.

Uji kemampuan mahasiswa berprestasi ini dilaksanakan oleh kelima peserta melalui pemaparan karya tulis ilmiah di depan Dewan Penguji yakni Dr. Sirman Dahwal, SH, MH; Dr. Nursulistyo BA, SH, M.Hum; Edy Hermansyah, SH, M.H; Prof. Dr. Iskandar, SH, M.Hum, yang sebelumnya, para peserta ini telah melalui tahap seleksi administrasi dan piagam penghargaan serta wawancara. Berdasarkan seleksi tersebut, didapatkan 3 mahasiswa berprestasi terbaik, yakni pertama, Appludnopsanji dengan skor 311.65; kedua, Peonyka Oktoberia dengan skor 303.04; dan ketiga, Aslan dengan skor 290.85. para pemenang kemudian akan dikirim mewakili Fakultas Hukum pada tingkat Universitas ataupun di luar kampus nasional atau Provinsi.

Kegiatan ini selalu diadakan setiap tahunnya, sebagai bentuk penghargaan dan memotivasi mahasiwa Fakultas Hukum untuk terus berprestasi, sebagaimana yang diungkapkan oleh Dekan Fakultas Hukum UNIB Prof. Herawan Sauni,S.H M.S., “Kegiatan mahasiswa berprestasi Fakultas Hukum UNIB adalah bentuk penghargaan kepada mahasiswa hukum agar memotovasi menjadi masiswa yang lebih baik dan berprestasi”. [Penulis : Arini Azka Muthia. Poto : Andrian Setiawan]